06 Maret 2022

Apakah Blog Ini Ada yang Membaca?

Daftar Isi [Tutup]

     


    Jika ditanya, apakah kira-kira ada yang mau membaca tulisan-tulisan di blog kecil seperti ini? Saya akan menjawab, tidak ada. Kalaupun ada, mungkin cuma membaca judul atau maksimal paragraf pembuka. Setelah itu ditutup.

    Mengapa demikian? Saya punya beberapa alasan. Pertama, trafik blog ini sungguh kecil. Pembacanya jelas bukan organik karena blog ini tidaklah seksi dipandang Google. Apalagi saya tidak pernah mengoptimasi SEO-nya. Jadi, bisa dipastikan sebagian besar orang yang klik blog saya berasal dari link yang saya bagikan di media sosial. Dan itu kemungkinan besar mereka tidak membacanya secara utuh.

    Kedua, tulisan-tulisan di blog ini tidak jelas. Isinya hanya hal-hal ringan dan tidak ada sudut pandang yang baru dalam melihat sesuatu. Umumnya hanya berisi rekaman peristiwa remeh yang sudah jadi hal biasa dalam kehidupan orang-orang.

    Ketiga, tulisan-tulisan di blog ini jauh dari kata riset. Apalagi untuk tulisan-tulisan yang saya hasilkan beberapa bulan belakangan. Saya tidak lagi bisa berlama-lama membaca buku ataupun dokumen-dokumen resmi karena keterbatasan penglihatan saya. Jadi, saya menulis banyak hal hanya berdasarkan pengalaman sehari-hari, tidak pernah riset.

    Keempat, hampir tidak ada orang yang mau menghabiskan waktu untuk membaca tulisan jelek. Di internet, kita tahu, tulisan yang jauh lebih berbobot jumlahnya ratusan juta atau bahkan miliaran. Jadi, buat apa membaca tulis jelek, jika yang bagus saja jumlahnya jauh lebih banyak?

    Lalu, pertanyaannya, kenapa saya tetap ingin mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan baru meskipun tidak berbobot? 

    Jawabannya adalah saya ingin tetap menulis. Saya sudah berada di taraf tidak apa-apa walaupun tidak ada yang membaca karena saya sadar bahwa tulisan-tulisan di blog ini memang tidak ada isinya. Jadi, wajar kalau tidak ada yang membacanya.

    Baca Juga

    Tinggalkan Komentar