06 Februari 2022

Umur Blog Ini Sudah Masuk Empat Tahun

Daftar Isi [Tutup]

     

     

    Dua hari lalu, 3 Februari 2022, akhirnya domain blog ini diperpanjang. Awalnya saya ragu, apakah akan memperpanjangnya atau tidak. Kalau diperpanjang, berarti harus mengeluarkan uang, padahal keuangan sedang menipis. Kalau dibiarkan, eman. Sudah kadung lama dimiliki. Alamat domainnya juga tidak jelek-jelek amat. Apalagi, ke belakang sekarang akan makin sulit membuat alamat domain bagus dengan ekstensi .com. Yang bagus-bagus sudah atau pernah didaftarkan orang. Bahkan, nama saya sendiri juga sudah dimiliki orang lain. Apesnya, malah dijadikan situs aneh-aneh. Sialan.

    Memang, sekarang sudah bermunculan ekstensi baru dengan segmentasi tertentu, tapi untuk sebuah kepopuleran, domain .com tetaplah yang paling baik. Yang lain-lain hanyalah alternatif. Namun, kelak mungkin saja domain-domain baru itu akan populer juga ketika situs-situs yang muncul belakangan sudah menggunakannya karena tidak lagi bisa menggunakan domain .com. Ini hanya soal waktu saja.

    Saya termasuk orang yang sering gonta-ganti alamat blog. Blog ini saja sudah tiga kali berubah, dari Helhol.com, lalu Fahrur*com, dan akhirnya Alineabaru.com. Nama terakhir inilah yang paling lama bertahan. Saya mendaftarkannya di Godaddy tanggal 4 Februari 2019. Jadi, umurnya sekarang sudah tiga tahun, masuk empat tahun.

    Awalnya saya sudah mantap untuk berhenti di alamat Fahrur*com. Tidak akan mengganti alamat blog lagi. Tapi, alamat itu tiba-tiba ditendang Facebook dan saudara-saudaranya. Saat membagikannya ke Facebook, Instagram, dan WhatsApp, muncul peringatan bahwa situs tersebut berbahaya. Saya tidak tahu letak bahayanya di bagian mana, karena blog tersebut tidak pernah memuat konten terorisme ataupun berniat menggulingkan rezim. Blog ini hanya berisi tulisan-tulisan receh yang bahkan jarang sekali diperbaharui.

    Saya mencoba mencari akar masalahnya. Baru saya sadar bahwa sehari sebelum blog saya ditolak Facebook dkk., saya mencoba iseng-iseng mendaftar hosting gratis. Sebelumnya, saya menggunakan kustomisasi dari blogger. Tapi, rasanya kurang keren karena tidak banyak yang bisa diutak-atik. Kalau punya hosting sendiri akan lebih leluasa menggunakannya.

    Akhirnya saya mendaftar di hosting gratis itu. Saya tujukan nameservernya ke Fahrur*com. Hasilnya memuaskan karena perfomanya ngebut dan saya bisa gonta-ganti desain sesuka saya. Saya juga tidak lagi mendapatkan buntut ?=m1 di belakang domain saya, pemandangan yang biasanya ditemui di domain yang dikostumisasi dari blogger.

    Tapi, kepuasan itu hanyalah sebentar, setelahnya berubah kekecewaan yang panjang. Menyesal karena keteledoran yang harusnya tidak saya lakukan.

    Terus terang, itu alamat domain yang menurut saya pas karena simpel dan sesuai dengan nama saya. Tapi, mau bagaimana lagi, saya sudah beberapa kali mengajukan banding ke Facebook, menegaskan bahwa situs itu bukan penipuan, tapi semuanya ditolak. Dia memang jahat, tidak pernah mengerti perasaan saya.

    Saya tidak tahu bagaimana persisnya hosting gratis itu tiba-tiba membuat blog saya dicap penipuan oleh Facebook. Mungkin pengembangnya menyelipkan skrip atau kode-kode tertentu ke dalam blog saya. Kode-kode itu bisa berupa iklan terselubung atau link ke situs-situs tertentu. Entahlah, saya belum sempat meneliti karena saya segera memutus nameservernya dari domain saya. Saya kembalikan lagi ke  blogger.

    Walaupun sudah dikembalikan ke blogger, ternyata tetap saja ditolak oleh Facebook. Kecerdasan artifisial yang ditanam di dalam Facebook ternyata tidak cukup cerdas juga. Ia tidak bisa mengerti orang yang sudah bertobat. Ia bersikukuh dengan pendiriannya.

    Setelah beberapa hari tidak kunjung mendapatkan perkembangan yang bagus, saya pun mulai mempertimbangkan untuk mencari alamat baru. Pilihannya jatuh ke Alineabaru.com. Kata seorang teman blogger, alamat ini bagus. Saya sendiri suka, tapi sayangnya tidak simpel.

    Alamat blog ini saya beli dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp14.727. Harga tersebut tentu saja diskonan. Harga aslinya berkisar 100rb-an. Saya mendapatkannya dari seorang perantara di toko online.

    Kini, alamat blog ini sudah memasuki umur 4 tahun. Mudah-mudahan tidak ada lagi drama-drama yang menyebabkannya harus berganti kembali. Tapi, dibanding soal drama-drama itu, yang lebih penting adalah mudah-mudahan tulisan-tulisannya rajin diperbaharui.

    Lenteng Barat, 5-6 Februari 2022

    NB: Alamat situs fahrur*com sengaja menggunakan tanda bintang agar terhindar dari dianggap mempromosikan situs spam.

    Baca Juga

    Tinggalkan Komentar