24 Desember 2021

Lha, Kok Tiba-Tiba Jadi Body Shaming?

Daftar Isi [Tutup]



    Saya agak terkejut ketika tahu bahwa mengomentari berat badan seseorang adalah perbuatan tercela alias body shaming. Sebab, tiap kali berjumpa kawan lama, saya atau si kawan kerap melakukannya. Rasa-rasanya kami tidak ada masalah dengan hal itu.

    Yang umumnya dikomentari adalah bertambahnya berat badan. Kalau berkurang, sangat jarang, kecuali jika mau tahu apakah dia baru sembuh dari sakit atau apa, sebagai bentuk simpati.

    Saya mencoba mencari tahu mengapa mengomentari berat badan disebut body shaming. Alasan yang paling pokok ternyata adalah ketersinggungan, yang bisa berkembang ke hal-hal lain yang lebih mendalam, semisal tekanan mental. Jadi, orang tidak boleh mengomentari tubuh orang lain karena berpotensi menyinggung.

    Masalahnya, sejauh pengalaman saya, berat badan berlebih bukanlah hal yang jelek di lingkungan saya. Bahkan, beberapa tahun lalu, banyak perempuan di desa saya berlomba-lomba menjadi gendut. Mereka yang kurus mengonsumsi jamu atau obat penambah nafsu makan agar tubuhnya kian berisi. Malah ada yang sampai bermasalah karena kelebihan mengonsumsi obat. Mungkin mereka berpikir bahwa kecantikan diukur dari seberapa besar lemak menempel di tubuhnya. Mungkin. Saya kurang tahu juga.

    Bertambahnya berat badan juga disimbolkan dengan "kesejahteraan". Orang yang bahagia dan sejahtera secara finansial, umumnya cenderung bertambah berat badannya karena sering makan enak dan mentalnya terjaga, walaupun kesehatannya jelas bermasalah. Tapi, mau bagaimana lagi, orang awam yang banyak duit sering kali lupa terhadap kesehatan.

    Nah, karena kegendutan disimbolkan dengan kesejahteraan, maka menyinggung masalah berat badan ketika bersua tidaklah menjadi persoalan besar. Bahkan bisa menjadi sebuah pujian akan kesejahteraannya.

    Tapi, persepsi ini bisa saja berubah total di masa depan. Mungkin orang-orang di lingkungan saya kelak akan punya pandangan lain soal "kesejahteraan" dan "kecantikan". Ketika cantik identik dengan tubuh yang kurus, maka mengomentari berat badan yang berlebih bisa membuat mereka tersinggung. Kita lihat saja nanti.
     

    Jaddung, 23 Desember 2021

    Baca Juga

    Tinggalkan Komentar